Mengalami Perubahan Saat Haid? Ternyata Ini Faktanya!

Mengalami Perubahan Saat Haid? Ternyata Ini Faktanya!

Tanyakan kepada wanita mana pun: Apakah payudara dapat mereka mengalami perubahan selama siklus menstruasi? Seperti menjadi lunak, dan bahkan tampaknya sedikit bergeser pada ukuran dan bentuk. Seperti wanita yang telah mengalami beragam efek samping dari menstruasi, hal ini dapat membuktikan bahwa haid mampu mengubah berbagai aspek tubuh tanpa kamu sadari. Untuk sesuatu yang terjadi di perut kita, menstruasi tampaknya memiliki jangkauan panjang yang tidak masuk akal.

Salah satu penyebab utama yang bertanggung jawab atas banyak perubahan fisik dan mental yang terjadi selama menstruasi  adalah fluktuasi hormon yang terjadi selama siklus kamu Sebagian besar dari kita akrab dengan efek umum menstruasi dan PMS, seperti nyeri haid hari pertama atau kram, payudara sakit, sakit kepala, dan munculnya jerawat. Tetapi ada hal-hal tidak biasa yang terjadi pada tubuh kamu selama menstruasi.

Kram haid dapat mempengaruhi kemampuan kognitif. Sebuah studi tahun 2014 di UK menguji sekelompok 52 wanita untuk melihat bagaimana rasa sakit yang disebabkan oleh kram menstruasi mempengaruhi fungsi otak.

Para peneliti menemukan bahwa ketika subjek mengalami nyeri haid, mereka kurang baik pada jenis tes yang mengukur rentang perhatian mereka, kemampuan untuk multitask, dan seberapa baik mereka dapat memilih antara target yang bersaing, dibandingkan dengan kinerja mereka ketika tidak mengalami nyeri haid. Kamu dapat menggunakan ifree agar kemampuan kognitif kamu tetap stabil.

Cara kamu menghadapi rasa sakit berubah selama periode haid. Sebuah studi 2011 menemukan bahwa rasa sakit saat periode haid dapat mempengaruhi bagaimana wanita mengalami rasa sakit di sisa hidup mereka.

Peneliti Oxford menguji penerimaan rasa sakit wanita pada waktu yang berbeda sepanjang siklus menstruasi mereka. Mereka menemukan bahwa wanita yang mengalami periodehaid menyakitkan lebih mungkin untuk memiliki sensitivitas yang meningkat terhadap rasa sakit dibanding wanita yang tidak merasakan periode haid yang menyakitkan.

Dengan demikian hasilnya menunjukkan bahwa jika kamu memiliki periode nyeri yang rutin, maka kamu mungkin mengalami peningkatan nyeri bahkan ketika kamu tidak sedang menstruasi.

Belum ada Komentar untuk "Mengalami Perubahan Saat Haid? Ternyata Ini Faktanya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...