Jenis investasi beserta penjelasannya


Investasi sangat diminati banyak orang sekarang ini. Berbagai macam jenis investasi hadir memberikan keuntungannya masing-masing. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan faktor untung ruginya masing-masing pula.

Masyarakat perlu mengetahui dan memahami tentang intrumen-intrumen investasi terlebih dahulu sebelum mulai berinvestasi pada lembaga tertentu, terlepas dari kewajiban lembaga investasi yang harus diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain investasi properti dan logam mulia seperti emas dan berlian, beberapa instrumen investasi yang perlu kamu ketahui dan pahami, diantaranya;

1. Deposito

Menurut KBBI, deposito merupakan uang yang disimpan dalam rekening. Deposito adalah salah satu instrumen investasi yang  menjanjikan kentungan secara pasti, karena instrumen ini menggunakan sistem pengambilan yang tetap. Cara ini dianggap memiliki resiko lebih rendah, namun investor tidak bisa mengambil atau mencairkan dananya secara suka rela sebelum jadwal pengambilan tetap yang telah ditentukan sebelumnya. 

2. Saham

Dalam KBBI, saham adalah andil, sero, atau hak yang dimiliki seseorang (pemegang saham) serta sebagai bukti kepemilikan sebagian modal. Instrumen ini dilakukan dengan cara pembelian sekian persen dari kepemilikan  dengan keuntungan dan kerugian yang didapatkan tergantung dari kinerja perusahaan, situasi  pasar modal yang sedang berjalan, kondisi perekonomian saat ini, serta politik nasional yang baik secara langsung maupun tidak langsung bisa mempengaruhi harga saham.

3. Obligasi

Obligasi hampir sama dengan diposit, yaitu seperti surat pinjaman dengan bunga tertentu yang dapat diperjualberikan kembali. Investasi model ini memberikan kepastian keuntungan dengan menentukan hasilnya diawal, dimana keuntungan tersebut dapat diambil ketika sudah jatuh tempo waktu yang telah disepakati. Dengan model investasi seperti ini anda akan lebih terhindar dari kerugian akibat naik turunnya harga pasar yang tidak bisa dipastikan.

4. Reksadana

Sistem intrumen investasi model ini sama halnya dengan saham, yaitu dengan cara membeli dari suatu perusahaan. Namun berbeda dengan saham yang mana investor harus memahami kondisi pasar dan lain-lain, reksadana hanya perlu memeriksa dan memantau kinerja pengelola invesatasi saja, karena semua hal yang berkaitan dengan investasi yang telah disepakati bersama akan diurus oleh pengelola atau manager investasi tersebut. Namun berdasarkan hal tersebut, maka akan ada potongan dari keuntungan yang didapat investor untuk pihak perusahan dan manager investasi.

Belum ada Komentar untuk "Jenis investasi beserta penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...