Tanya Jawab Dokter Mata Mengenai Pencegahan Mata Rusak


Sekarang ini jarang sekali pekerja yang tidak bersinggungan dengan gadget untuk mendukung kerja yang dilakukannya. Baik dari pekerja kantoran, pembuat film, admin, customer service, supir ojek online, dan lainnya membutuhkan gawai yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan dapat selesai lebih mudah dan cepat. Ketika menatap gawai tersebut biasanya membutuhkan waktu yang lama, terutama misalnya untuk pekerja kantoran yang memang seharian bekerja di depan layar komputer.

Kondisi tersebut tentunya tidak baik karena dapat untuk membuat mata rusak karena membuat mata capek dan dapat mengalami mata merah hingga iritasi. Untuk menghindari resiko mata rusak karena bekerja seharian di depan komputer atau layar smartphone sendiri ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan. Seperti misalnya dengan tanya jawab dokter mata yang akan dapat memberikan solusi untuk masalah tersebut.

Pada umumnya Anda langsung bisa ke dokter apabila mengalami mata lelah. Gejala mata lelah secara umum yang dapat dikenali adalah membuat mata Anda mengalami iritasi dan tegang, sulit untuk fokus, membuat mata kering atau basah, membuat penglihatan kabur, dan juga mempunyai nyeri di bagian leher, pundak, dan punggung. Selain dapat berkonsultasi dengan dokter praktek, sekarang ini juga ada kemudahan untuk bertanya pada dokter online. Seperti misalnya lewat aplikasi Halodoc yang akan dapat menjadi tempat terbaik untuk berkonsultasi mengenai masalah mata lelah dan mata lainnya. Bagi Anda yang bekerja seharian depan komputer sangat penting untuk menjaga kesehatan mata agar menghindari mata rusak. Adapun beberapa cara mudah yang dapat dilakukan selain melakukan pemeriksaan ke dokter adalah:

1. Membuat layar yang lebih bersahabat dengan mata

Tips pertama yang bisa digunakan untuk menghindari mata rusak karena bekerja seharian depan komputer adalah dengan mengatur layar komputer agar lebih sehat untuk mata. Dimana cara ini akan efektif untuk menghindari mata lelah dan juga penyakit mata lainnya. Adapun untuk cara yang bisa dilakukan dengan cara ini adalah menaruh layar komputer jauh dari mata ketika bekerja. Selain itu juga memilih layar komputer yang dapat untuk dimiringkan atau diputar, membersihkan debu dan sidik jari yang ada di layar karena dapat meningkatkan cahaya dan refleksi pada layar, dan terakhir adalah menggunakan filter cahaya pada komputer.

2. Membuat lingkungan kerja yang bersahabat dengan mata

Hal selanjutnya yang bisa diperhatikan untuk membuat mata tetap sehat walaupun menghabiskan waktu kurang lebih 9 jam di depan layar komputer adalah membuat lingkungan kerja yang nyaman untuk mata. Misalnya saja Anda bisa untuk mengatur pencahayaan di dalam ruangan agar tidak terlalu terang ataupun terlalu gelap.

3. Ingat untuk beristirahat

Hal penting lainnya yang perlu diingat untuk dapat membuat mata tetap sehat adalah dengan tetap beristirahat ketika bekerja. Hal ini sangat penting karena mata akan sakit dan rusak apabila dipaksakan bekerja seharian. Oleh karena itulah jangan lupa untuk berkedip, berpaling sebentar dari layar sekitar 1 hingga 5 menit, dan juga beristirahat sebentar tanpa memandang layar komputer ataupun gadget.

4. Melakukan perawatan pada mata

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan perawatan pada mata. Perawatan yang diperlukan misalnya menggunakan obat tetes mata, mengompres mata, dapat dapat menggunakan pembersih udara yang dapat menjadi filter debu dalam ruangan kerja. Akan tetapi ketika hal ini sudah dilakukan tetapi terjadi masalah mata, maka sebaiknya segera tanya jawab dokter mata lewat aplikasi Halodoc ataupun klinik.

Belum ada Komentar untuk "Tanya Jawab Dokter Mata Mengenai Pencegahan Mata Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel