Fungsi Mempersiapkan Dana Darurat dalam Keuangan


Salah satu hal dalam rencana keuangan yang tidak boleh disepelekan adalah mempersiapkan dana untuk hal darurat. Dimana setelah melakukan pembayaran untuk segala macam kebutuhan Anda seperti belanja bulanan, berbagai tagihan, membayar cicilan, dan lainnya maka juga tidak boleh untuk melewatkan menyisihkan dana untuk dana darurat. Dana jenis ini sangat diperlukan karena mempunyai banyak manfaatnya. Adapun berbagai macam manfaat dan juga fungsi yang bisa didapatkan apabila Anda mempunyai dana jenis ini adalah bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti berikut ini:

1. Sakit dan kecelakaan

Fungsi pertama dari dana jenis ini adalah digunakan untuk kebutuhan yang sangat darurat seperti yang satu ini. Mengalami sakit dan kecelakaan tentu saja tidak diharapkan oleh semua orang akan tetapi hal ini pasti terjadi pada setiap orang. Sehingga agar tidak pusing melakukan pembayaran perawatan yang Anda butuhkan maka bisa menggunakan dana yang telah dipersiapkan untuk kebutuhan darurat seperti yang satu ini. Dana ini dapat untuk membayar berbagai hal mulai dari membayar rawat inap hingga apabila membutuhkan operasi. Selain itu juga ketika mengalami kecelakaan maka bisa menggunakan jenis dana ini yang memang dipersiapkan untuk hal yang sifatnya mendadak dan membutuhkan dana segera seperti ketika mengalami sakit dan kecelakaan.

2. Memperbaiki barang dan aset

Manfaat selanjutnya adalah dapat untuk digunakan memperbaiki barang dan aset. Misalnya saja ketika barang Anda mengalami kerusakan maka harus memperbaikinya dan dana tersebut tidak ada dalam pengeluaran perbulan. Oleh karena itulah untuk memperbaiki barang dan aset tersebut dapat menggunakan dana cadangan yang memang sudah disiapkan untuk hal darurat. Hal ini bisa dilakukan dengan memperbaiki barang dan aset yang rusak seperti misalnya ketika mobil Anda mengalami kerusakan, renovasi rumah, memperbaiki motor yang harus disservice, kulkas atau tv rusak, dan berbagai hal lainnya yang membutuhkan diperbaiki.

3. Kehilangan pekerjaan

Dana cadangan yang telah dipunyai juga akan sangat membantu ketika Anda kehilangan pekerjaan. Dipecat dari perusahaan atau juga tidak mempunyai pekerjaan merupakan kondisi yang tidak bisa dihindari dan tidak diketahui datangnya. Oleh karena itulah untuk membantu masa yang sedang susah dan tidak mempunyai penghasilan tersebut, Anda bisa menggunakan dana cadangan yang dipersiapkan untuk kepentingan darurat seperti kehilangan pekerjaan. Sehingga dana tersebut akan bisa membantu untuk bertahan hidup hingga mendapatkan pekerjaan yang baru.

4. Membayar tagihan

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan dari mempunyai dana untuk kepentingan darurat adalah dapat untuk membayar tagihan. Misalnya saja Anda mempunyai pengeluaran yang tidak terduga di awal bulan sehingga membuat uang habis dan belum sempat untuk membayar tagihan yang dipunyai. Maka dengan dana cadangan yang telah dipersiapkan maka akan sangat membantu untuk membayar tagihan tersebut.

5. Menghindari utang

Manfaat terakhir dari mempunyai dana darurat adalah dapat untuk menghindari utang. Ketika Anda tidak mempunyai dana cadangan mempunyai penghasilan yang memang habis untuk berbagai kebutuhan setiap bulannya saja maka utang menjadi solusi yang paling masuk akal untuk memenuhi kebutuhan darurat seperti di atas. Untuk membayar tagihan rumah sakit, memperbaiki barang atau aset, dan juga ketika kehilangan pekerjaan maka Anda tidak mempunyai uang sama sekali yang dipunyai untuk keperluan tersebut. Sehingga hal tersebut akan membuat Anda bisa mengambil utang yang bukannya akan menolong keuangan justru akan membuat keuangan lebih carut-marut karena tidak mempunyai dana untuk membayar utang.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Mempersiapkan Dana Darurat dalam Keuangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...