Kenali Gejala Virus Corona dan Bagaimana Ia Menyebar untuk Melakukan Pencegahan Berikut!


Pandemi virus corona belum berakhir di Indonesia dan dunia. Jumlah kasusnya tetap masih bertambah dengan signifikan. Hingga saat ini jumlah kasus positif corona di seluruh dunia mencapai 1,8 juta kasus dengan jumlah kematian hingga lebih dari 114.000jiwa. Di Indonesia sendiri jumlah kasusnya mencapai lebih dari 4.000 kasus dengan jumlah kematian 373 jiwa. Angka ini bisa bertambah dengan mudah karena cara penularan virus yang juga mudah dan cepat. Untuk mencegah penularan virus covid19, masyarakat perlu mengetahui dengan jelas agar bisa melakukan pencegahan dengan tepat.

Berikut ini adalah gejala-gejala yang bisa terjadi saat seseorang terkena infeksi virus covid19:

Diare.

Gejala diawali dengan diare berupa kotoran yang cair atau lembek. Namun diare ini tidak berulang-ulang dengan sering serta tidak disertai dengan nyeri perut seperti pada diare akibat bakteri.

Batuk kering dan nyeri tenggorokan.

Rasa nyeri di tenggorokan yang diikuti dengan batuk kering juga menjadi gejala covid19. Nyeri tenggorokan akan menjadi lebih parah dari hari ke hari terutama saat menelan.

Demam.

Demam menjadi ciri khas gejala covid19. Demam yang terjadi mulai dari demam ringan hingga semakin parah dari hari ke hari.

Sesak nafas.

Setelah mengalami demam, penderita akan mulai merasakan sesak nafas serta sakit di bagian dada yang disebabkan karena virus mengganggu sistem pernafasan bawah. Saat inilah pasien mulai membutuhkan bantuan medis untuk membantu dengan ventilator.

Sama seperti virus lainnya, virus corona juga memiliki masa inkubasi. Masa inkubasi virus ini terjadi selama kurang lebih 14 hari. Jika pasien bisa melewati masa 14 hari tersebut maka ia akan berangsur-angsur membaik dan bisa sembuh seperti sedia kala. Namun jika tidak, pasien bisa saja mengalami pneumonia akut yang dapat menyebabkan kematian. Tetap jangan khawatir karena angka kematian umumnya rendah asalkan pasien memiliki kekebalan tubuh yang semakin baik dan tidak memiliki riwayat penyakit yang lain.

Setelah mengetahui apa saja gejala dari Covid19, yang penting lagi untuk Anda ketahui adalah bagaimana cara mencegah penularannya. Untuk mencegah penularan covid19, berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan:

  • Di rumah saja sehingga Anda tidak perlu bertemu orang lain yang bisa jadi adalah carrier covid19.
  • Menjaga jarak dan menerapkan social distancing jika Anda harus keluar rumah.
  • Sebisa mungkin menghindari penggunaan transportasi umum.
  • Menggunakan masker saat berada di luar rumah baik yang sehat maupun yang sakit.
  • Sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau alkohol dengan kandungan minimal 60%.
  • Tidak menyentuh area mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan.
  • Menerapkan etika batuk yaitu menutup mulut dan hidung dengan siku meski sudah menggunakan masker.


Virus corona memang bukan virus influenza biasa, namun meski begitu Anda juga tak perlu terlalu panik dan takut untuk menghadapinya. Ketakutan justru akan membuat pikiran stress sehingga dapat menurunkan sistem imun tubuh. Saat tubuh menunjukkan gejala sakit, yang sebaiknya Anda lakukan adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter secara online sehingga Anda tidak perlu ke rumah sakit yang justru akan membuat Anda lebih rentan terhadap penularan bibit penyakit termasuk covid19. Lakukan konsultasi online sedini mungkin saat gejala masih ringan sehingga pengobatan bisa dilakukan lebih mudah. makan makanan bergizi dan tetap di rumah hingga kesehatan membaik dengan sendirinya.

Belum ada Komentar untuk "Kenali Gejala Virus Corona dan Bagaimana Ia Menyebar untuk Melakukan Pencegahan Berikut!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...