Jadikan Laporan Keuangan Anda Bagus Dengan 5 Tips Ini!


Aplikasi laporan keuangan gratis adalah salah satu alat yang bisa memudahkan Anda menjalankan bisnis dengan baik. Bisnis tanpa laporan keuangan yang baik seperti mencoba memanggil permainan sepakbola tanpa mengetahui informasi di papan skor.

Banyak pebisnis yang mengabaikan laporan keuangan meski aplikasi akuntansi sudah banyak bertebaran di mana-mana. Tanpa hadirnya sebuah laporan keuangan bisnis, maka jangan harap bisnis bisa berkembang ke depanya. Berikut adalah 5 kiat untuk meningkatkan proses laporan keuangan Anda.

5 Kiat Untuk Meningkatkan Proses Laporan Keuangan Bisnis

Gunakan Sistem yang Tepat 

Biasanya lebih baik menggunakan sistem akuntansi akrual daripada sistem kas. Sistem akrual melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan mencocokkan pengeluaran dengan pendapatan. Jika Anda melaporkan pendapatan dan pengeluaran terkait dalam periode yang berbeda, hasilnya dapat berubah secara drastis dalam profitabilitas bulan-ke-bulan.

Bisnis mungkin akan menunjukkan kerugian dalam satu bulan dan akan sangat menguntungkan berikutnya. Variasi dalam hasil ini mencegah pemilik bisnis dari memahami kinerja yang sebenarnya. Jika ada keuntungan menggunakan akuntansi tunai untuk pajak, Anda masih bisa melakukannya sambil menggunakan akuntansi akrual untuk pengambilan keputusan manajemen.

Pastikan Laporan Keuangan Akurat

Pisahkan biaya yang terkait langsung dengan pengiriman produk atau layanan Anda dari pengeluaran lain. Hal terkait pengeluaran lain adalah biaya penjualan, administrasi dan overhead.

Pemisahan  ini akan memungkinkan Anda untuk menghitung persentase margin kotor. Secara umum, persentase margin kotor harus relatif stabil dari periode ke periode. Jika berfluktuasi r, ini bisa menjadi bendera merah yang menunjukkan masalah.

Pahami Profitabilitas Lini Produk

Dalam bisnis jasa, memahami profitabilitas setiap pekerjaan / klien sangat penting. Demikian pula, dalam bisnis berbasis produk, penting untuk memahami profitabilitas lini produk. Banyak usaha kecil yang memiliki klien atau lini produk yang tidak menguntungkan dan tidak mengetahuinya. Ketika Anda menemukan perbedaan seperti itu, cobalah untuk menaikkan harga atau berhenti melakukan pekerjaan yang tidak menguntungkan.

Catat Beban Tunai

Anda harus melacak semua pengeluaran yang terkait dengan bisnis Anda. Dengan begitu biaya-biaya ini dapat dikurangkan dari jumlah total penghasilan Anda ketika tiba saatnya untuk melakukan pajak.

Pencatatan akan memberi Anda laporan keuangan yang lebih akurat tentang profitabilitas keseluruhan Anda untuk tahun ini. Sangat mudah untuk melihat pengeluaran masa lalu yang dibayar tunai. Mintalah kwitansi dari vendor Anda atau catat pengeluaran segera untuk memastikan bahwa kiriman tersebut ada di buku.

Ketahui Perbedaan Antara Faktur dan Kwitansi

Menggabungkan faktur dan kwitansi adalah cara yang terlalu umum bagi pemilik usaha kecil untuk mengacaukan pembukuan mereka. Faktur adalah tagihan yang dikirim ke pelanggan setelah menerima layanan Anda. Faktur mengingatkan pelanggan bahwa mereka berhutang uang kepada Anda. Faktur sangat membantu untuk mempercepat arus kas, menyimpan catatan keuangan, dan memastikan Anda dibayar.

Kwitansi adalah bukti bahwa suatu transaksi terjadi. Kwitansi adalah kertas yang Anda berikan kepada pelanggan Anda setelah transaksi selesai. Menggabungkan kwitansi dan faktur dapat menjadi masalah ketika Anda membuat laporan.

Jika Anda ingin lebih membuat laporan keuangan bisnis, maka Anda bisa mengunduh aplikasi laporan keuangan gratis.

Salah satu aplikasi pembukuan yang membantu laporan keuangan bisnis Anda adalah Buku Kas.  Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store atau App Store

Belum ada Komentar untuk "Jadikan Laporan Keuangan Anda Bagus Dengan 5 Tips Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel