Mengenal Vaksin Sinochem beserta Fakta-faktanya

Mengenal Vaksin Sinochem beserta Fakta-faktanya

Hampir setiap negara di dunia saat ini tengah berjuang mengatasi virus Corona. Virus satu ini pertama kali ditemukan di negara China pada awal Desember 2019, dan telah menyebar ke banyak negara di dunia. Lebih dari 1 juta orang dari seluruh dunia terinfeksi virus ini dan keadaannya menjadi semakin mengkhawatirkan. Adanya vaksin sinochem atau vaksin sinovac memberi harapan pada dunia yang dilanda virus Corona.

Meski begitu, tidak semua orang bisa langsung mendapatkan vaksin sinochem, karena pemberian vaksin ini memprioritaskan beberapa individu maupun kelompok tertentu, seperti tenaga kesehatan, lansia, seseorang dengan penyakit bawaan dan lainnya. Baru-baru ini, vaksin Corona dari Sinovac Biotech Ltd, Tiongkok telah mendarat di Indonesia. Usut punya usut, sebanyak 1.2 juta vaksin sampai di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat, 6 Desember 2020 dan dipantau langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Mengenal Vaksin Sinochem dan Faktanya

Vaksin Sinovac atau Vaksin Sinochem apa itu? Yaitu vaksin inaktivasi atau versi lemah virus yang berfungsi untuk memancing respon imun tubuh. Vaksin ini masuk ke dalam jenis vaksin inactivated vaccine yang sudah digunakan untuk penyakit Hepatitis A, Folio hingga Rabies.

Vaksin sinochem ini bukanlah obat, tetapi antigen atau zat aktif yang ada pada bakteri maupun virus dan ketika disuntikkan akan menghasilkan reaksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus tersebut. Dapat disimpulkan, jika vaksin ini aman untuk tubuh serta menjadi pilihan yang tepat untuk melawan dan mengebalkan tubuh dari berbagai serangan virus.

Indonesia bukan satu-satunya negara yang menggunakan vaksin virus Corona dari negeri tirai bambu ini. Pasalnya beberapa negara lain juga melakukan uji klinis vaksin ini, seperti Brazil dan Bangladesh. Adapun berikut ini merupakan beberapa fakta mengenai vaksin sinochem yang dapat Anda ketahui, di antaranya yaitu

1. Harga

Bio Farma merupakan calon produsen vaksin sinochem yang belum bisa menentukan harga atau resmi untuk dipasarkan di Indonesia. Namun, sekretaris perusahaan Bio Farma, Bambang Heriyanto menyebut jika harga vaksin yang akan dijual per-dosisnya yaitu sekitar Rp. 73.000 hingga Rp. 146.500.

Namun vaksin sinochem harga yang dikeluarkan tersebut bukanlah harga resmi atau harga pasti, karena pemerintah sendiri belum mengeluarkan pernyataan mengenai harga vaksin virus Corona.

2. Label Halal dari MUI

Bio Farma yang merupakan produsen juga melakukan sertifikasi halal melalui MUI atau Majelis Ulama Indonesia. Sehingga pada tahun 2021 nanti, vaksin ini akan didistribusikan dengan menggunakan bahan baku yang telah disertifikasi halal dari MUI.

3. Sekitar 40 Juta Dosis Bahan Baku Curah

Seperti yang diketahui sebelumnya, sebanyak 1,2 juta vaksin sinochem telah tiba di bandara Soetta. Namun tak cukup sampai di situ, presiden Jokowi juga menginformasi bahwa sekitar 45 juta dosis bahan baku curah kembali datang dalam dua gelombang gelombang pertama 15 dosis sedangkan gelombang kedua 30 dosis. Bahan baku curah ini akan menjalani proses lebih lanjut untuk menjadi bahan baku siap pakai oleh BUMN produsen vaksin Indonesia, Bio Farma.

4. Menjalani Proses Uji BPOM

Vaksin sinochem atau sinovac yang sudah sampai di Indonesia belum bisa digunakan untuk masyarakat luas. Karena vaksin ini harus menjalani proses uji BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan sebelum diaplikasikan.

Diadakannya serangkaian prosedur ilmiah yang tepat bertujuan untuk menjamin kesehatan serta keselamatan masyarakat luas. Setelah mendapatkan hasil uji klinis tersebut, maka informasi mengenai kapan vaksinasi tersebut dimulai akan disampaikan.

Itulah beberapa hal yang bisa anda ketahui mengenai vaksin sinochem atau vaksin virus Corona. Dengan adanya vaksin ini, diharapkan Indonesia dan beberapa negara di dunia dapat mengatasi masalah virus yang telah melanda.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai virus Corona, Anda bisa membuka situs halodoc.com. Situs tersebut menyediakan beragam informasi seputar kesehatan dengan fitur menarik seperti tanya dokter, cari dokter, cari obat, cari rumah sakit hingga informasi terbaru virus Corona.

Belum ada Komentar untuk " Mengenal Vaksin Sinochem beserta Fakta-faktanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel