Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur merupakan salah satu jamu tradisional yang masih bertahan hingga sekarang, bahkan jamu ini disukai banyak orang (khususnya masyarakat daerah pedesaan). Rasa pedas yang khas pada kencur dan jahe, dicampur dengan beras dan ditambah gula aren yang memiliki rasa manis dan beberapa rempah lainnya menjadikan jamu ini memiliki cita rasa luar biasa sehingga mampu menarik daya pikat seorang pecinta jamu tradisional.

Jamu beras kencur ini terbuat dari rempah-rempah sehingga sangat aman di konsumsi oleh segala kalangan, mulai dari anak-anak, dewasa, ibu hamil dan menyusui bahkan lansia.

Jika didaerahmu tidak ada yang jualan jamu beras kencur ncc. Sekarang anda tak perlu khawatir, sebab kali ini saya akan memberikan resep ala mbok jamu khas solo beserta langkah-langkah membuat jamu beras kencur yang segar dan sehat.

Siapkan bahan bahan

  • 3 ruas rimpang kencur (Ingat. kupas kulitnya, cuci bersih lalu parut halus).
  • 1 ruas rimpang jahe (Ingat. kupas kulitnya, cuci bersih lalu parut halus).
  • 1 ruas rimpang kunyit (kupas kulitnya, cuci bersih lalu parut halus).
  • 100 gram beras putih (yang sudah direndam dalam air selama 3 jam, sangrai lalu haluskan).
  • 1 sdm air asam jawa.
  • Gula pasir (secukupnya).
  • Gula jawa/aren (secukupnya, yang sudah disisir halus).
  • Air (kira-kira 3 gelas besar).

Note: jika anda pecinta jamu yang satu ini dan ingin membuatnya setiap hari secara instan, sebaiknya keringkan terlebih dahulu kemudian di haluskan hingga menjadi bubuk. Karena dalam kondisi bubuk sehingga lebih awet saat di simpan.

Cara Membuat

  1. Panaskan air lalu masukkan kencur, jahe, kunyit, air asam, gula pasir dan gula jawa.
  2. Biarkan hingga mendidih.
  3. Jika sudah mendidih, saring air rebusan tersebut untuk memisahkan ampas dengan air yang jernih.
  4. Selanjutnya, masukkan sedikit beras yang sudah halus.
  5. Jika Anda ingin rasa kencur lebih nendang, kamu bisa menambahkan beberapa kencur mentah yang telah geprek ke dalam air jamu.
  6. Aduk hingga rata dan tunggu pati beras mengendap di bawah.
  7. Sajikan jamu beras kencur selagi masih terasa hangat guna membuat tubuh makin hangat dan nyaman. Atau, bisa menyajikannya dengan menambahkan beberapa es batu untuk menambah kesegaran jamu ini.

Demikian itulah resep cara membuat beras kencur yang segar, lezat dan pastinya sehat. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda. Sekian dan terimakasih.

Hanya seorang blogger biasa, yang sedang bereksperimen, yuk lihat Rosyana – Spesialis rambut – Zoel

 

Tinggalkan komentar