Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Diet

Siapa sih yang tak kenal dengan belimbing wuluh…? Buah dengan rasa asam paling tinggi diantara jenis buah lainnya. Belimbing wuluh adalah buah yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan ataupun kecantikan tubuh, salah satunya adalah untuk diet sehat.

Jika kamu berniat untuk menurunkan berat badan, Anda bisa mencoba melakukan diet dengan belimbing wuluh. Tahukah kamu mengapa demikian? Belimbing wuluh merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi sehingga dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan berlebih (obesitas).

Manfaat belimbing wuluh untuk diet

Hasil penelitian mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Belimbing Wuluh memiliki berbagai kandungan nutrisi penting untuk tubuh, diantaranya flavonoid, triterpenoid atau steroid, glikosida, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1, dan C.

Kandungan vitamin C pada belimbing wuluh sangat tinggi yaitu sebanyak 25 ml dalam 100 g belimbing wuluh segar.

Kombinasi dari beragam kandungan nutrisi tersebut membuat buah belimbing sangat baik untuk program diet yang sedang Anda jalankan, karena dapat:

1. Meningkatkan metabolisme

Buah belimbing selain bisa dijadikan sebagai tambahan dalam masakan untuk memberikan rasa kecut alami pada makanan, kandungan nutrisi vitamin C yang tinggi pada belimbing wuluh dapat membantu meningkatan metabolisme tubuh.

Sebab, peningkatan metabolisme pada tubuh dapat menandakan bahwa fungsi tubuh berjalan dengan baik. Sehingga akan berdampak pada proses penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi secara sempurna.

Nutrisi yang terserap dengan baik akan berubah menjadi menjadi energi. Dengan adanya energi pada tersebut akan membuat tubuh tidak mudah lesu atau lelah ketika melakukan aktivitas sehari-hari pada saat anda menjalankan program diet.

2. Menghilangkan penumpukan kalori

Jika kalori yang masuk ke dalam tubuh  secara berlebihan, hal itu akan mengakibatkan proses metabolisme tubuh melambat sehingga tubuh tidak mampu dalam menyerap nutrisi dengan sempurna.

Kalau kalori yang masuk dalam tubuh tidak dapat diurai menjadi tenaga, akhirnya akan terjadi penumpukan didalam tubuh. Hal ini menjadi penyebab utama dari kegemukan (obesitas).

Nah cukup dengan konsumsi belimbing wuluh akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga akan mencegah terjadinya penumpukan kalori karena diurai menjadi energi.

3. Menahan nafsu makan

Diet herbalife yaitu diet dengan mengkonsumsi sesuatu yang bersifat asam dan kecut atau vitami C yang tinggi berfungsi menahan nafsu makan. Selain itu, kandungan serat pada belimbing wuluh membantu menahan rasa kenyang lebih lama. 

4. Menangkal adanya radikal bebas

Belimbing mempunyai kandungan vitamin A dan C merupakan zat antioksidan yang akan membantu untuk menangkal adanya radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, antioksidan juga bisa meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh sehingga akan melancarkan pembakaran kolesterol jahat dan kalori berlebih dalam tubuh. 

5. Melancarkan sistem pencernaan dan BAB

Susah buang air besar? Itu ttndanya Anda kurang makan serat. Jika Anda mengalaminya, sebaiknya segera tingkatkan konsumsi serat sehingga pencernaan dan BAB menjadi lebih lancar.

Demikian itulah manfaat buah belimbing wuluh untuk menurunkan beran badan berlebih. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda. Sekian dan terima kasih.

Hanya seorang blogger biasa, yang sedang bereksperimen, yuk lihat Rosyana – Spesialis rambut – Zoel

 

Tinggalkan komentar