Manfaat Buah Okra Hijau dan Cara Mengolahnya

Okra merupakan tanaman yang tumbuh didaerah tropis. Di Indonesia sendiri, okra belum begitu dikenal dan ahir – ahir ini saja okra banyak dibudidayakan. Sebagaian dari mereka belum begitu mengenal manfaat okra hijau serta masih bingung mengenai cara pengolahannya. Pasalnya, buah okra ini akan berlendir jika dimasak seperti tumis ataupun direbus.

Namun, anda tenang saja ada cara menghilangkan lendir pada buah okra.

Cara pertaman yakni dengan merendam potongan okra dengan cairan cuka. Rendam selama 15 – 30 menit sebelum diolah. Dengan merendam menggunakan cairan cuka, akan menghambat produksi lendir saat dimasak. Selain itu, anda juga bisa merebusnya dengan api yang besar untuk mengurangi produksi lendir dari buah Okra hijau.

Manfaat Buah Okra Hijau

1. Mencegah Diabetes Militus

Diabetes Militus atau DM merupakan penyakit tidak menular diamana gula darah dalam tubuh meningkat. Jika sudah parah, penyakit Diabetes bisa berakibat amputasi. Pasalnya, gula darah yang tinggi akan memperlambat proses pengeringan luka. Sehingga, lukanya akan terus – terusan basah hingga membusuk.

Kadar Gula Darah Puasa Normal yakni tidak lebih dari 140 mg/dL. Jika melebihi itu maka anda perlu waspada. Nah, dengan mengkonsumsi Buah Okra Hijau secara rutin dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini dikarenakan kandungan dalam buah okra mampu merangsang pembuatan insulin yang berperan dalam gula dalam darah.

2. Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut adalah hal yang paling tidak mengenakkan. Pasalnya, jika sudah merasa mulut kita bau pasti akan enggan untuk melakukan komunikasi dengan seseorang. Hal ini juga akan mengurangi kepercayaan diri kita dihadapan lawan bicara. Namun, jika anda memiliki bau mulut yang membandel artinya sudah melakukan gosok gigi secara rutin dan sudah mencoba berkumur menggunakan larutan pembersih mulut. Akan tetapi, bau mulut tidak kunjung hilang ada baiknya untuk mencoba membersihkan mulut menggunakan Buah Okra.

Kandungan Vitamin C yang terdapat dalam buah okra mampu untuk membersihkan mulut anda. Caranya sangat mudah, anda ambil 2 – 3 biji buah okra kemudian potong (jangan terlalu kecil) selanjutnya rendam selama 30 – 1 jam didalam air matang. Setelah mencapai waktu yang ditentukan, berkumurlah menggunakan air tersebut.

3. Menyehatkan Pencernaaan

Buah Okra mengandung serat yang sangat tinggi. Hal ini sangat baik untuk sistem pencernaan anda. Pasalnya, serat berfungsi untuk mencegah anda dari konstipasi atau sembelit. Manfaat okra untuk pencernaan yang lain yakni membunuh kuman – kuman patogen pada usus yang jika jumlahnya berlebih akan menyebabkan masalah pencernaan.

4. Menyehatkan Jantung dan Menurunkan Kadar Kolestrol

Organ penting dalam tubuh salah satunya yakni jantung. Fungsi utamanya yakni memompa darah menuju keseluruh bagian tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kita harus sangat menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, jika jantung berhenti 1 menit saja akan berdampak pada kematian.

Ternyata lendir dalam buah okra bukanlah sesuatu hal yang tanpa manfaat. Lendir dalam buah okra bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa kolestrol berlebih akan sangat berbahaya dan dampaknya dapat menyumbat pembuluh darah. Selain itu, okra mengandung kaliun yang cukup tinggi. Kalium ini berperan dalam menjaga ritme detak jantung serta menyegarkan otot – otot polos dalam tubuh.

5. Menghaluskan Kulit Wajah

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, buah okra juga baik untuk kecantikan. Manfaat Buah Okra yang lain yakni untuk menghaluskan kulit wajah. Kandungan Vitamin C yang tinggi dapat untuk mencegah antioksidan penyebab jerawat. Selain itu, kandungan Vitamin A yang terkandung dalam buah okra bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Buah Okra untuk Kesehatan dan Kecantikan. Untuk mendapatkan buah okra anda bisa membelinya di supermarket ataupun melakukan pembudidayaan okra sendiri.

Tinggalkan komentar