Manfaat Daun Bidara Untuk Asam Lambung

Bidara atau widara (Ziziphus mauritiana) adalah sejenis pohon kecil yang tumbuh di daerah kering, daun pada tanaman ini mempunyai beragam khasiat untuk kesehatan tubuh manusia terutama pada sistem pencernaan.

Daun ini bahkan telah dikenal pada zaman kenabian. Ada beberapa hadist yang menjelaskan bahwa Rasulullah pernah menggunakan daun bidara untuk memandikan jenazah.

Manfaat daun bidara untuk maag dan sembelit kronis

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa konsumsi buah dan daun bidara setiap hari dapat memperbaiki pencernaan dan mengurangi paparan mukosa usus ke amonia beracun dan senyawa berbahaya lainnya.

Manfaat kandungan gastrointestinal pada daun bidara dapat bekerja sebagai obat sembelit alami. Sebuah studi yang diterbitkan di Digestion telah menyelidiki keamanan dan kemanjuran ekstrak bidara pada orang-orang yang menderita sembelit. Bahkan hasil studi tersebut menyimpulkan bahwa ekstrak bidara adalah pengobatan yang paling efektif untuk sembelit akut.

Selain itu, daun dan buah bidara juga memiliki sifat sebagai antioksidan karena mengandung vitamin C yang tinggi. Antioksidan adalah nutrisi yang berperan menghambat kerusakan akibat radikal bebas. Tingkat radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat mempercepat proses penuaan dan memicu munculnya masalah kesehatan yang lebih serius.

Jadi, konsumsi daun ini tak hanya mempu mengatasi masalah sistem pencernaan saja, melainkan kecantikan wajah anda akan tetap terjaga.

Cara mengolah daun bidara untuk obat

Lantas, bagaimana cara konsumsi daun dn buah bidara yang benar agat hasil yang didapat lebih optimal serta tidak menimbulkan efek samping? Jangan khawatir, kali ini saya akan membagikan pengalaman dalam membuat ramuan daum bidara.

Cara paling mudah ialah menjadi daun bidara menjadi teh, berikut langkah-langkah pembuatan nya.

  • Ambil daun bidara bagian pucuk, yang masih muda agar rasanya lebih seger.
  • Keringkan daun ( bis pakai cara tradisional yaitu di jemur dibawah terik matahari. Sedangkan modern dan hasil lebih cepat yaitu di open hingga warna berubah menjadi kecoklatan).
  • Setelah daun kering bisa di remas-remas agar menyerupai bubuk teh.
  • Kemudian masak dengan air secukupnya.
  • Saring dan sajikan dalam gelas, anda bisa menambahan gula sesuai selera (sangat disarankan pakai gula aren / jawa).

Selain dijadikan teh, daun bidara juga cocok diolah men jad sayuran.

Demikian itulah manfaat daun bidara untuk kesehatan lambung. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda. Sekian dan terima kasih.

Hanya seorang blogger biasa, yang sedang bereksperimen, yuk lihat Rosyana – Spesialis rambut – Zoel

 

Tinggalkan komentar