Manfaat Daun Kelor Untuk Mata dan Cara Pengolahannya

Daun moringa atau yang umum dikenal dengan nama daun kelor merupakan daun dengan segudang manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh, salah satunya pada mata.

Alasan utamanya ialah kandungan vitamin A, menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), vitamin A pada daun kelor 2x lebih tinggi dibandingkan wortel, dengan berat masing -masing 100gr. Karena alasan itulah, sangat wajar bila daun kelor digunakan untuk mengobati ataupun mencegah penyakit pada mata.

Khasiat daun lelor bagi mata

Secara klinis, memakai ata konsumsi daun kelor sesuai dosis terbukti mampu mencegah dan mengoptimalkan penyembuhan bagi penderita. beberapa masalah mata, berikut ini.

1. Mata minus (rabun dekat ataupun rabun jauh)

Meski kemunculan mata minus tidak dapat dicegah, namun dapat diperlambat perkembangannya. Riset menunjukkan, dengan asupan vitamin A yang cukup dan kandungan senyawa aktif pada daun kelor akan memberikan proteksi pada mata, sehingga lensa serta bola terjaga dari perubahan bentuk.

2. Mata AMD (Age Macula Degeneration)

Mata AMD merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh penuaan pada pembuluh darah dan otot mata. Penyakit ini hampir sama dengan mata katarak yaitu tertutupnya daerah penglihatan, bahkan bisa berujung pada kebutaan.

Berdasarkan riset, dengan tercukupinya asupan vitamin A presentasi terjadinya AMD lebih kecil.

3. Mata rabun senja (rabun cahaya)

Rabun sinar matahari (nightblindness) paling umum terjadi akibat kekurangan vitamin A dalam sel sel retina mata. Untuk mencukupi kebutuhan itu, anda bisa komsumsi daun kelor secara teratur dan dosis yang tepat.

4. Mata katarak

Katarak merupakan penyakit mata yang ditandai dengan mengeruhnya lensa mata, akibat adanya penumpukan protein atau zat lain pada lensa mata, sehingga membuat penglihatan kabur.

Secara medis katarak diakibatkan oleh tekanan darah tinggi, diabetes, merokok, obesitas, alkohol dan mengonsumsi obat obatan berbahaya, namun faktor paling adalah penuaan dan kekurangan vit A.

Hasil penelitian terbaru menunjukkan, dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, A dan E secara teratur, presentase terkena katarak menjadi lebih kecil.

Cara mengolah daun kelor jadi obat alami

Setelah mengetahui ragam manfaat daun kelor diatas, ada baiknya Anda juga mengetahui cara memasak nya sehingga Anda bisa membuat ramuan alami sewaktu-waktu, berikut ini:

  • Siapkan daun kelor 10 hingga 15 lembar
  • Rebus menggunakan 3 gelas air
  • Tunggu hingga air rebusan menjadi 1 gelas
  • Minum secara rutin 3 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Oke, cukup sekian dulu artikel tentang manfaat daun kelor yang bisa mugianto.web.id sampaikan.

Hanya seorang blogger biasa, yang sedang bereksperimen, yuk lihat Rosyana – Spesialis rambut – Zoel

 

Tinggalkan komentar