Manfaat Daun Kersen dan Cara Mengolahnya

Kersen merupakan tanaman yang tumbuh biasanya dipersawahan. Dibeberapa daerah disebut sebagai tumbuhan “talok”. Memiliki buah yang kecil – kecil (lebih kecil dari anggur) dan berwarna merah jika sudah matang.

Tumbuhan kersen ini bisa tumbuh tinggi sekitar 2 – 3 meter tergantung dimana tumbuhan ini tumbuh. Dan dibeberapa daerah, banyak tumbuhan kersen yang ditebang. Kebanyakan menganggap tumbuhan ini sebagai tumbuhan pengganggu dan tidak memiliki manfaat.

Padahal, daun kersen atau talok ini cukup berperan aktif dalam obat – obatan herbal dan untuk kecantikan. Kandungan senyawa aktif dan zat – zat gizi didalamnya membuat daun ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat daun talok bagi kesehatan.

Manfaat Daun Kersen atau Talok dan Cara Pengolahannya

1. Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ yang penting dalam tubuh. Berperan sebagai pemopa darah, haruslah dalam keadaan fit untuk setiap harinya. Menjaga kesehatan jantung salah satunya dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun kersen. Manfaat yang diberikan daun kersen berupa memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan rebusan daun kersen mampu untuk mengontrol kadar kolestrol dalam tubuh. Yang notabennya kolestrol berlebih dapat menyumbat aliran pembuluh darah.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah Dalam Tubuh (Diabetes)

Untuk anda penderita diabetes, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi air rebusan daun kersen ini. Daun kersen dalam merangsang pengeluaran insulin lebih banyak pada penderita diabetes type 2. Hal ini dikarenakan kandungan Saponin dan Flavanoid yang cukup tinggi ada daun kersen.

3. Mencegah Stroke

Stroke merupakan penyakit mematikan nomor 1 didunia. Stroke banyak diakibatkan karena penyumpatan pembuluh darah yang menuju ke otak. Selain itu, masih banyak penyebablain yang menimbulkan atau memgakibatkan stroke. Daun kersen mengandung zat yang berfungsi untuk merangsang Peroksisom Proliferator yang berperan dalam metabolisme glukosa dan lemak. Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun kersen mampu untuk menhindarkan atau mengurangi resiko anda terkena stroke.

4. Mengecilkan Perut Buncit

Memiliki perut buncit memang sangat tidak mengenakkan. Selain dapat mengurangi kepercayaan diri, perut buncit dapat menjadi sumber sebuah penyakit. Bagi anda yang sudah terlanjur memiliki perut buncit, anda bisa mngecilkannya dengan melakukan diet dan juga olahraga teratur. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan lemak yang menumpuk disekitar perut. Namun, anda juga bisa mencoba diiringi dengan mengkonsumsi air rebusan daun kersen untuk mempercepat prosesnya.

5. Membunuh Bakteri dalam Tubuh

Manfaat Daun Kersen atau Talok selanjutnya adalah mampu membunuh bakteri jahat. Kita ketahui bahwa didalam pencernaan tubuh kita terdapat banyak sekali bakteri – bakteri. Bakteri baik ataupun bakteri yang jahat. Namun, jika bakteri tersebut sudah mencapai jumlah yang berlebih akan berdampak buruk pada tubuh kita. Efek yang sering terjadi yakni diare.

Kandungan flavanoid, saponin dan tanin akan berperan sebagai antiseptik yang mampu membunuh kuman dan bakteri. Sehingga, daun kersen ini juga baik untuk sistem pencernaan tubuh anda. Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut anda bisa mengkonsumsi daun kersen dengan cara merebusnya.

Demikian ulasan mengenai manfaat daun kersen untuk kecantikan dan kesehatan beserta cara pengolahan yang benar sehingga tidak menimbulkan efek samping. Untuk cara mengolah daun kersen terdapat beberapa cara. Namun, yang paling mudah yakni dengan merebusnya. Tetapi, jika anda menginginkan cara lain juga bisa digunakan sebagai Jus dan disedu layaknya Teh. Untuk mengobati penyakit luar anda bisa menumbuknya kemudian ditempelkan pada bagian yang luka. Karena daun kersen ini juga bersifat anti-inflamasi (peradangan).

Tinggalkan komentar