Manfaat Daun Kersen Untuk Penderita Diabetes

Daun kresen atau dikenal dengan nama lain ceri atau talok masuk kedalam keluarga tanaman Muntingia calabura L., memiliki manfaat untuk kesehatan yang tak kalah hebat dari jenis daun lainnya loh, gak percaya? Oke, silahkan kamu baca artikel sampai tuntas ya.

Berdasarkan sebuah penelitian, terbukti bahwa daun kersen terbukti dapat menurunkan sintesis kolesterol dan membantu menurunkan penimbunan lemak dalam pembuluh darah. Hal itu disebabkan adanya kandungan saponin dan flavonoid dalam daun kersen.

Kedua senyawa tersebut memang sudah banyak yang meneliti dan di setiap penelitian menyimpulkan, bahwa daum kersen mampu menurunkan kadar kolestersol jahat dalam darah sehingga Anda akan terbantu menghindarkan diri dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Ole karena itu, Anda tak perlu ragu lagi dalam menggunakan daun kersen sebagai ramuan pengobatan tradisional.

Ada pengalaman menarik dari Ibu Ninik, yang saya jumpai di Facebook tentang daun kersen

Beliau bercerita tentang ibunya yang menderita akibat penyakit diabetes, sampai pinggulnya bernanah dan susah disembuhkan.

Sudah beberapa rumah sakit ia datangi, namun hasil yang diharapkan kurang memuaskan.

Setelah itu, ia mendapatkan saran dari mbok mijah (seorang ahli jamu tradisional yang sudah tua), untuk memberikan ibunya minuman air dari rebusan daun kersen. Secara mengejutkan, dengan beberapa minggu konsumsi daun ini secara rutin perlahan kondisi ibunya membaik.

Lalu, bu Ninik membagikan pengalamannya pada khalayak ramai agar dapat berguna untuk yang lain. Ia pun tak lupa membagikan cara mengolahnya.

  • Siapkan 10 lembar daun kersen muda.
  • Setelah dicuci bersih.
  • Rebus dengan air sebanyak dua gelas.
  • Kemudian masak hingga mendidih, biarkan beberapa menit sampai airnya tersisa kira-kira satu gelas yang merupakan sisa-sisa sari daun tersebut.
  • Saring untuk memisahkan kotoran. Minum selagi hangat, Anda bisa menambahkan gula aren agar lebih nikmat.

Atau, bisa membuat daun kersen ini menjadi teh. Yaitu.

  • Keringkan daun kersen secukupnya.
  • Seduh, selayaknya anda seperti membuat teh pada umumnya.

Demikian itu informasi tentang manfaat daun kersen untuk penderita diabetes mellitus tipe basah dan kering yang bisa saya sampaikan dikesempatan ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Salam dan terima kasih.

Hanya seorang blogger biasa, yang sedang bereksperimen, yuk lihat Rosyana – Spesialis rambut – Zoel

 

Tinggalkan komentar