Manfaat Kolang Kaling Untuk Kesehatan

Kolang-kaling banyak dikenal dengan sebutan buah atap. Buah ini dihasilkan oleh pohon palma dari keluarga Arecaceae yang berwarna putih dan bertekstur kenyal.

Selain rasanya enak, kolang-kaling juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, tidak percaya? Cermati informasi ini hingga akhir.

Manfaat kolang-kaling untuk kesehatan dan kecantikan

Penelitian dari Departemen Pertanian, bahwa dalam kolang-kaling terkandung protein, karbohidrat, glukosa, kadar abu, dan serat kasar, fosfor, zat besi, kalsium, gelatin, dan vitamin A, B, C. Sehingga dapat mengatasi masalah kesehatan berikut ini.

1. Mengatasi radang sendi dan saraf kejepit

Terjadi peradangan pada sendi atau saraf terjepit dapat menimbulkan rasa sakit di lutut sehingga saat digunakan untuk berjalan dalam beberapa menit saja.

Dalam setiap 100 gr kolang-kaling mengandung 52,9% karbohidrat galaktomannan yang berfungsi sebagai mencegah, pereda rasa sakit sekaligus mengobati sendi anda.

2. Melancarkan pencernaan

Dalam setiap 100 gr kolang-kaling mengandung 30% serat kasar sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan, melancarkan proses BAB, dan mencegah kegemukan atau obesitas.

3. Memperkuat tulang

Untuk memperkuat tulang agar terhindar dari osteoporosis saat pertumbuhan kita diharuskan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu. Tapi susu mengandung terlalu kalori, sehingga akan membuat bobot tubuh Anda bertambah.

Dalam setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Sedangkan pada susu sapi murni, setiap 100 gram nya mengandung 125 mg kalsium.

Note: tingginya kandungan kalsium pada kolang-kaling ini dapat anda digunakan alternatif sebagai sumber kalsium selain susu, ini cocok untuk nada yang menyandang obesitas (atau kegemukan).

4. Makanan diet

Dalam 100 gram kolang-kaling terkandung 0,69 gram protein, karbohidrat 4,0 gram, kadar abu 1 gram, dan serat kasar 0,95 gram, kadar air yang mencapai 94%, sehingga membuat kolang-kaling terasa segar ketika dikonsumsi.

Kadar gelatin yang tinggi dapat mempercepat rasa kenyang, sehingga akan menghentikan nafsu makan.

Kandungan karbohidrat yang tinggi menjadikan kolang-kaling lebih lama dicerna dalam perut sehingga dapat menekan nafsu makan dan menyimpan energi lebih lama.

Maka makanan kolang-kaling ini cocok menjadi menu cemilan untuk meningkatkan prestase keberhasilan Andan dalam menurunkan berat badan.

5. Menambah stamina

Kandungan glukosa didalam kolang-kaling berkhasiat mengurangi terjadi kelelahan, saat Anda melakukan aktivitas berat seperti naik atau turun gunung.

6. Menyehatkan Kulit

Kulit sehat merupakan suatu ciri kecantikan alami yang di dambakan setiap orang. Vitamin B dalam kolang kaling berperan sangat baik dalam menjaga kesehatan dan meremajakan kulit akibat penuaan.

7. Memperlancar metabolisme

Kelancaran metabolisme sangat erat hubungannya dengan kecantikan yang terpancar dari kulit Anda. Karena tubuh yang penuh racun bisa membuat kulit menjadi kusam.

Anda cukup konsumsi kolang-kaling secara teratur dapat melancarkan metabolisme tubuh sehingga kecantikan kulit Anda akan tetap terjaga.

Manfaat lain dari kolang-kaling diantaranya

  1. Mempercepat penyembuhan luka
  2. Mengobati asam urat
  3. Mengobati kolesterol
  4. Mengobati sakit pinggang
  5. Meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita.
  6. Baik untuk ibu hamil.
  7. Mengatasi gatal

Cara mengolah kolang-kaling mebjame masakan yang enak

Untuk mendapatkan manfaat kolang-kaling anda cukup dengan memakannya, agar tidak bosan kamu bisa mengolah menjadi manisan atu kolak.

Lantas, bagaimana cara membuatnya? Jangan khawatir saya akan membagikan cara memasak kolang kaling yang benar agar rasanya enak.

Siapkan bahan:

  • Kolang-kaling 2 kg.
  • Air cucian beras (buat rendaman) sebanyak 1000 ml / 1 liter.
  • Gula pasir 100 gram.
  • Air bersih 400 ml.
  • Santan kelapa 300 ml.
  • Daun pandan 4 lembar.
  • Daun jeruk 15-20 lembar.
  • Garam 1/4 sdt.
  • Sirup atau pewarna makanan secukupnya.

Cara memasak:

  • Pertama, pilih kolang-kaling yang masih bulat, utuh, dan berwarna bening muda yang memiliki tekstur tidak terlalu lembek namun tidak keras.
  • Cuci hingga bersih, rendam dengan air cucian beras sampai terbenam seluruhnya selama semalaman atau 24 jam. Tahap ini bertujuan untuk mengurangi lendir dan rasa asam yang menempel pada kolang-kaling.
  • Buang air cucian beras, lalu cuci kolang-kaling hingga bersih dan tiriskan sesuai selera. Cuci kembali kolang-kaling sampai bersih.
  • Masukkan air, gula pasir, daun jeruk, daun pandan, dan garam ke dalam panci, rebus sampai air mendidih. Baru kemudian anda masukkan kolang-kaling, tunggu hingga empuk dan airnya mengental.
  • Tuangkan sirup pewarna secukupnya dan santan kelapa, aduk hingga rata. Angkat, Anda bisa menunggu agak dingin atau bisa langsung mencicipinya.

Agar lebih jelas kamu bisa menbaca artikel yang berjudul cara membuat manisan kolang-kaling agar tahan lama.

Demikian itulah manfaat kolang-kaling untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar