Manfaat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan

Melinjo (Gnetum gnemon Linn) adalah spesies tanaman berbiji terbuka (Gymnospermae) yang berasal dari Asia tropik, melaysia, dan Pasifik Barat. Di beberapa daerah Melinjo dikenal dengan nama belinjo, mlinjo (bahasa Jawa), tangkil (bahasa Sunda) atau bago (bahasa Melayudan bahasa Tagalog), Khalet (Bahasa Kamboja). Daun muda dan kulit melinjo biasa dijadikan sebagai bahan sayuran.

Penelitian yang sudah dilakukan oleh doktor biokimia dari Osaka Prefecture University, Jepang, melaporkan bahwa melinjo mengandung beberapa jenis protein, dan yang paling tinggi adalah antioksidan. Riset menunjukkan aktivitas antioksidan dari kandungan fenolik ini setara dengan antioksidan sintetik BHT (Butylated Hydroxytolune) yang sangat efektif dalam mengatasi terjadinya radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit.

Selain antioksidan, melinjo juga mengandung beberapa nutrisi diantaranya vitamin C, vitamin B1, vitamin A, kalsium, fosfor, zat besi, karbohidrat.

Manfaat kulit melinjo

Jika anda pecinta sayuran yang satu ini, apa sudah tahu manfaat yang terkandung didalamnya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Sebagai sumber energi

Dalam kulit melinjo terdapat kandungan energi yang cukup tinggi, dengan adanya kandungan tersebut menjadikan kulit melinjo alternatif untuk asupan pembangkit energi.

2. Mencegah asam urat

Bukan hanya mitos. Kulit melinjo sangat baik dalam menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Jika pengolahnya dengan benar. Sebab senyawa dalam kulit melinjo berfungsi menghambat xantin oksidase enzim atau pensitesis asam urat.

3. Menjaga kkesehatan Gigi dan Tulang

Karena kulit melinjo mengandung kalsium, maka tak heran jika ia mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

4. Menguatkan Daya Ingat

Di jepang Melinjo (Ginkgo) yang telah dipercaya sebagai tonik otak karena memperkuat daya ingat.

5. Mempertajam penglihatan

Vitamin A tinggi yang terkandung dalam kulit melinjo sangat baik untuk mempertajam penglihatan mata serta menjaga kesehatan mata.

6. Sumber antioksidan

Antioksidan memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh yakni menangkal berbagai radikal bebas yang berasal dari polusi dan berbagai penyakit lainnya.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Karena dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah, maka akan membuat peredaran darah ke seluruh tubuh lebih optimal.

8. Mencegah Kekurangan Darah atau Anemia

Kandungan zat besi yang ada pada kulit melinjo berperan dalam membentuk sel darah merah, sehingga anda tidak akan mengalami masalah anemia.

Manfaat lain dari kikit melinjo sebagai berikut.

  1. Mencegah Penyakit Diabetes
  2. Menjaga Kesehatan Otot
  3. Sebagai Anti Radang
  4. Membantu Masa Pertumbuhan
  5. Menjaga Suhu Tubuh
  6. Menyehatkan Kulit
  7. Menjaga Kesehatan Ginjal
  8. Baik Untuk Ibu Hamil
  9. Menurunkan berat badan (Diet)
  10. Mengobati hipertensi

Demikian ulasan mengenai manfaat kulit melinjo untuk kesehatan. Agar mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa mengkonsumsinya setiap harinya.

Tinggalkan komentar