Manfaat Labu Siam Untuk Bayi

Sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan bayi, namun supaya bayi mau makan sayuran yang rasanya hambar ini, sebaiknya kenalkan bayi dengan sayur-sayuran saat mulai menghentikan pemberian ASI ekslusif (dalam bahaba jawa nyapih) bisa dilakukan pada bulan ke 6, 7, atau ke 11.

Hal ini bertujuan supaya bayi dapat mencocokkan diri dengan rasa yang hambar. Karena jika bayi langsung diberi buah yang rasanya manis, hal itu akan membuat ia menolak sayuran yang tidak ada rasanya.

Berikut daftar sayuran yang baik diberikan pada bayi ketika berusia 6 sampai 12 bulan.

  • Seledri merupakan sayuran yang umum digunakan sebagai penambah cita rasa sebuah makanan, misalnya ketika membuat sup. Namun tak ada salahnya kan, jika Anda mencampurkannya kedalam bubur atau nasi bayi. Meski hanya sebatas penambah cita rasa, daun seledri mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi, bahkan dalam 100 gram seledri terdapat 50 miligram kalsium, dan fosfor 40 miligram.
  • Bayam hijau dan merah merupakan sayuran yang mengandung vitamin A tinggi (dalam bentuk betakaroten), yakni 1872 mikrogram/100 gram. Selain itu, bayam juga diperkaya vitamin B, vitamin C, asam folat, serta mineral kalsium, fosfor, mangan dan zat besi, yang berfungsi membantu pembentukan otak bayi.
  • Labu siam. Kaya akan fosfor dan kalsium, dalam berat 100 gram labu siam mengandung 25 miligram fosfor dan 14 miligram kalsium.
  • Wortel. Sangat baik untuk menja kesehatan mata si buah hati, hal ini berkat adanya kandungan vitamin A-nya yang tinggi, yaitu sekitar 3600 mikrogram dalam 100 gram wortel.
  • Brokoli. Kaya akan kandungan kalsium dan asam folat, dalam 100 gram brokoli, terkandung 56 mikrogram asam folat dan 88 miligram kalsium. Karena bentuknya yang agak keras, jadi ketika anda memberikan sayur brokoli ini pada si buah hati, sebaiknya haluskan terlebih dulu.
  • Tomat. Mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yakni 40 miligram dalam setiap 100 gram tomat. Selain itu, tomat juga mengandung suatu zat yang disebut likopen, zat yang memberi warna merah pada buah tomat ini bersifat antioksidan.

Oke,,, demikian itu adalah manfaat labu siam untuk bayu, atau lebih tepatnya daftar sayuran yang baik dikonsumsi bayi berusia 6 hingga 12 bulan. Semoga artikel ini bermanfaat sekaligus menambah wawasan anda.

Terima kasih

Hanya seorang blogger biasa, yang sedang bereksperimen, yuk lihat Rosyana – Spesialis rambut – Zoel

 

Tinggalkan komentar